khafidzun fadli

khafidzun fadli
waktu P3T (suku alas)

Sabtu, 20 Oktober 2012

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA



CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Kapada Yth,
Bapak Kepala Bagian Personalia
PT. Batavia Komputindo
Jl. Mekar Sari 12
Jakarta Barat

Dengan hormat,

    Saya sangat tertarik dengan iklan Bapak dalam terbitan harian Media Indonesia terbitan hari Sabtu, 6 Januari 2007 mengenai adanya lowongan untuk jabatan Computer Programmer. Maka, bersama surat ini saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

    Saya berusia 23 tahun, dan telah menyelesaikan kuliah jurusan Computer Programming di Akademi Komputer (AKAKOM), Jakarta pada bulan September 2006, dengan IPK 3.21. Selain kuliah, selama 1 tahun terakhir saya bekerja sebagai asisten instruktur di Pusat Kursus Komputer ‘Arcadia’, Jakarta.

    Untuk keterangan lebih terperinci, bersama ini saya lampirkan juga surat keterangan pengalaman kerja, surat tanda kelulusan sementara dari AKAKOM Jakarta, daftar riwayat hidup singkat, dan foto terbaru saya.

    Saya berkeyakinan bahwa surat ini beserta lampirannya belum cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Oleh karena itu, saya berharap Bapak akan memberikan suatu kesempatan wawancara kepada saya, sehingga dapat diperoleh keterangan mengenai diri saya secara lebih terperinci dan lengkap.

Hormat saya,



Johnny Sunardi
























CONTOH SURAT LAMARAN KERJA II


Contoh Surat Lamaran Kerja : Teknologi Informasi ( TI )


Jl. Merpati 25
Bintaro Jaya
Tangerang 15146
021-5849299

7 Februari 2007


Kepada Yth;
Head of Human Resources Dept.
PT. Bintaro Komputindo
Bintaro Central Business District
Jl. MH Thamrin B-5
Bintaro Jaya
Tangerang 15774

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswa jurusan Tekhnik Komputer di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, yang telah lulus, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Tekhnik Komputer pada bulan April 2007.

Saat ini saya sedang mencari pekerjaan dalam bidang yang berhubungan dengan Database/Graphic Package Design dalam suatu departemen pengembangan dan penilitian pada sebuah perusahaan yang berskala besar.

Pada tahun-tahun terakhir perkuliahan, saya bekerja paruh waktu di Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), sebagai instruktur kursus tekhnik computer. Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan, saya juga mengikuti kursus dalam bidang desain grafis dan database. Dengan latarbelakang pendidikan, pengetahuan dan keterampilan tersebut, saya yakin akan dapat memberikan kontribusi yang bernilai untuk perusahaan Bapak.

Terlampir adalah daftar riwayat hidup saya, yang memuat rincian pengalaman dan kursus-kursus yang telah saya ikuti. Saya berharap bahwa kualifikasi saya mendapat perhatian dari Bapak, dan sebuah kesempatan interview akan diberikan kepada saya.

Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,



Haryanto Halim










CONTOH CURRICULUM VITAE (CV) I


Dwi Susanti

DATA PRIBADI


 Tempat, tanggal lahir
 : Yogyakarta, 18 Januari 1973
 Jenis kelamin
 : Perempuan
 Status
 : Menikah
 Agama
 : Islam
 Kewarganegaraan
 : Indonesia
 Alamat
 : Jl. Kebon Jeruk X No.75

   Jakarta Barat 17345
 Telepon
 : (021) 5846887, 08170957556
 e-mail
 : dwisusanti@yahoo.comThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it
  
BIDANG KEAHLIAN

Manajer Pemasaran
  
PENGALAMAN KERJA

2002–Saat ini    PT. BCG Battery    Bekasi, Jawa Barat

National Sales Manager
  • Meningkatkan penjualan sebesar 50% dari Rp 400 milyar menjadi Rp 850 milyar.
  • Meningkatkan penjualan per distributor sebesar 50%.
  • Membuka wilayah pemasaran baru di Indonesia bagian timur yang memberikan kontribusi terhadap kenaikan penjualan nasional sebesar 20%.
  
1999–2002    PT. BOGA INTI SARI    Bogor, Jawa Barat

District Sales Manager
  • Meningkatkan penjualan wilayah Jabotabek dari Rp 250 milyar per tahun menjadi Rp 350 milyar per tahun.
  • Mengkoordinir 250 agen distributor di wilayah Jabotabek.
  • Implementasi kursus dan pelatihan mengenai teknik dan strategi menjual yang efektif bagi karyawan baru, yang terbukti dapat meningkatkan penjualan secara lebih cepat.
  
1997–1999    PT. AUTO 5000    Tangerang, Banten

Senior Sales Representative
  • Meningkatkan penjualan produk mobil per individu agen sebesar 20% dalam waktu 2 tahun.
  • Mengkoordinir agen-agen penjualan di wilayah Tangerang dan Serpong.
  • Mengembangkan tim agen penjualan dari 10 orang menjadi 45 orang  dalam waktu 2 tahun.
  
PENDIDIKAN

1992–1997    STIE YKPN    Yogyakarta
Sarjana Ekonomi, jurusan Management Pemasaran, lulus tahun 1997 dengan IPK 3.32.
  
KURSUS DAN PELATIHAN

2002        EXECUTIVE TRAINING CENTER    Jakarta
Effective Seling Strategy

1997        GAJAH MADA KOMPUTER    Yogyakarta
Aplikasi Komputer Untuk Bisnis
  
HOBY

Travelling, olah raga, membaca, internet.
 










































CONTOH CURRICULUM VITAE (CV) II



DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama
 : Setyarini Rahayu
Tempat, Tanggal Lahir
 : Surabaya, 06 Nopember 1982
Jenis Kelamin
 : Perempuan
Agama
 : Katholik
Kewarganegaraan
 : Indonesia
Alamat
 : Jl. Kebagusan III/20

 : Pal Merah, Jakarta Selatan 12220
Telephon
 : 021-7665239        (rumah)

   021-5249972        (kantor)

   0812-590590        (HP)
Latarbelakang Pendidikan
Formal
1991 – 1994            : SMP 624, Jakarta
1994 – 1997            : SMEA 804 Jakarta
1997 – 2001            : Yayasan Administrasi Indonesia (YAI), Jakarta

Non Formal
1994 – 1996            : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1996 – 1997            : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta
2003 – 2003            : Kursus Pajak (Brevet A & B)

Kemampuan

  • Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
  • Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
  • Sistem Perpajakan
Pengalaman Kerja
  • Praktek Kerja Lapangan:
         Praktek Kerja di PT. ARJUNA CARGO, Jakarta
         Periode: April 1997 - June 1997
         Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 804 Jakarta
         Posisi   : Operator Administrasi
         Rincian Pekerjaan:

   -  Mengupdate data konsumen
   -  Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
   -  Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
   -  Menyiapkan tagihan

  • Bekerja di PT. SAMUDRA SEDAYA CARGO, Jakarta
         Periode : Januari 2002 - Mei 2005
         Status  : Karyawan Tetap
         Posisi   : Staf bagian Finance
         Rincian pekerjaan :

   -  Mengelola kas kecil
   -  Melakukan surat menyurat bisnis
   -  Mengontrol persediaan peralatan kantor
   -  Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
   -  Penggajian (payroll)














































Tips Umum Menulis Surat Lamaran

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik. Berbagai tips di bawah akan membantu Anda.
1. Kesan Individual
Jika Anda berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda.
Selain itu perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.
Ingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak template atau contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dengan keperluan Anda.
2. Singkat dan Padat
Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Anda dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Anda dengan menggunakan kata-kata yang sulit.
Ingat: Jangan menulis surat lamaran Anda lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.
3. Rapi dan Bersih
Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dengan begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca.
Ingat: Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.
4. Isi
Dalam surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang perlu dituliskan:
• Pembukaan: Sebutkan dimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman Anda.
• Pekerjaan Anda sekarang: Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini. Anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang perlu Anda perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang Anda lamar adalah di bidang marketing research, Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.
• Pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Anda menuliskannya di surat lamaran.
• Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda menyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Anda dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".






TIPS Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Agar terlihat profesional dan menarik, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam membuat curriculum vitae (CV):
  • Gunakan kertas putih polos
CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar).
  • Status perkawinan
Cantumkan status perkawinan (single, married, atau divorced).
  • Foto terbaru
Lampirkan pas foto terbaru. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (jas lengkap dengan dasi).
  • Referensi
Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
  • Pekerjaan yang diinginkan
Selalu cantumkan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Jangan menulis bahwa anda siap bekerja dalam posisi apa saja karena akan memberi kesan bahwa anda adalah pekerja serabutan. Tuliskan saja spesialisasi anda.
  • Format standar surat resmi
Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Times New Roman.
  • Pengalaman kerja
Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya (bukan nama perusahaannya) sebanyak-sebanyaknya tiga perusahan terakhir, berikut pangkat dan jabatannya.
  • Pengalaman lain yang menunjang
Cantumkan pengalaman atau organisasi yang berhubungan dengan spesialisasi anda. Jika anda adalah seorang spesialis bidang kimia, maka pengalaman sebagai juara I lomba melukis atau pejabat ketua senat tidak perlu dicantumkan.
  • Identitas
Cantumkan identitas anda dengan jelas.
Format resume atau curriculum vitae di setiap negara berbeda-beda. Hal ini tampaknya dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan dan pandangan politik di setiap negara yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika Serikat (AS) tidak perlu mencantumkan foto, agama, status perkawinan dan umur, karena hal itu dianggap sangat pribadi.
Perusahaan tidak meminta pencantuman keterangan-keterangan seperti itu karena bisa dianggap melakukan ‘early prejudice’. Di AS perusahaan tidak boleh melakukan diskriminasi dalam penerimaan pegawai, baik diskriminasi atas ras, umur, status maupun agama. Sedangkan di Singapura, kadang dalam resume diminta mencatumkan keterangan ras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar